SIVIL - Cek Ijazah Dikti Online Disini !!

Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil) - Upaya Pemerintah dalam menghentikan munculnya ijazah palsu, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (MENRISTEKDIKTI) dalam hal ini mengambil langkah sangat serius dengan penomoran verifikasi ijazah secara elektronik.

Menristekdikti mengatakan, untuk menangkal beredarnya ijazah-ijazah palsu yaitu dengan memberlakukan kebijakan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil).

SIVIL - Cek Ijazah Dikti Online Disini !!

SIVIL merupakan sebuah sistem verifikasi ijazah online yang sudah terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan atau alumni akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikannya di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Adapun Manfaat lain dari layanan yang dapat diakses secara online oleh masyarakat ini adalah dapat digunakan juga guna mengecek ijazah secara online melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor seri yang terdapat pada ijazah tersebut.

Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan tepat, cepat dan akurat secara online.

cek ijazah online

Berikut Cara Mengecek Keaslian Ijazah Melalui SIVIL :

  • Klik tautan laman ini http://ijazah.ristekdikti.go.id/
  • Cari Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah dengan cara tulis Kata Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya
  • Tulis nomor Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional).
  • Lalui pengaman dengan menjawab pertanyaan yang ditampikan.
  • Klik Tombol VERIFIKASI.

Jika cek nomor ijazah Anda telah terdaftar dipangkalan data dikti maka akan keluar data diri Anda, jika tidak maka akan keluar informasi "Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan".

Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah dikarenakan alasan kerahasiaan.

Demikian uraian singkat cara cek ijazah dikti melalui laman resmi SIVIL, semoga bermanfaat bagi seluruh alumni, dan juga bersama-sama kita pangkas beredarnya ijazah palsu. terima kasih.